Panitia KKN Tematik UMMI 2022 Lakukan Pelatihan Calon Dosen Pembimbing Lapangan

Sukabumi, ummi.ac.id – 10 Juni 2022 telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik UMMI 2022 dengan tema “Pelatihan Calon Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN_T) Bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)” di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dari program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, guna membekali peserta calon Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk memiliki keterampilan DPL di era revolusi industry 4.0 dengan materi : 1) Urgensi Pembimbingan KKN Dalam Tugas Pokok Dosen, 2) Penyuluhan Perlindungan Perempuan dan Anak, 3) KKN Tematik MB-KM dan Rekognisi, 4) Teknik Pemberdayaan Masyarakat dan Manajemen Konflik Masyarakat, 5) Communication Skill. Dan output kegiatan ini adalah setiap calon DPL yang lulus seleksi Pelatihan DPL akan mendapatkan sertifikat kompetensi nasional DPL LLN-T. Peserta kegiatan ini melibatkan 27 Dosen calon DPL UMMI yang berasal dari berbagai homebase program studi. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari pukul 07.45 hingga pukul 15.30 yang dilaksanakan secara online dengan link video conference zoom meeting.

 

Kegiatan ini dimulai dengan meriah oleh MC Fendira Lutfianisa, S.AB, setelah dibuka oleh MC dilanjutkan dengan kultum oleh Bapak Hadi Abdillah, S.Kep., Ners., MMRS. Acara selanjutnya yaitu sambutan oleh ketua LPPM UMMI, Bapak Asep Muhamad Ramdan, M.M serta pengarahan satgas covid-19 yang disampaikan oleh Bapak Irawan Danismaya, M.Kep. Sebelum penyampaian materi pokok oleh para pemateri, terlebih dahulu disampaikan materi pembuka oleh Ibu Dr. Yuni Sri Wahyuni, M.T mengenai  Urgensi Pembimbingan KKN Dalam Tugas Pokok Dosen, dan dilanjutkan dengan pretest peserta calon DPL pada pukul 09.05 – 09.35. setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi.

 

Pada materi pertama, kegiatan meliputi pemaparan materi bagi calon DPL yang disampaikan oleh ibu Dra. Hj. N Elis Muslimah, M.M. tentang  perlindungan perempuan dan anak, setelah itu diskusi dan tanya jawab serta mengisi presensi kehadiran serta lembar evaluasi melalui link google form. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Dr. Setiono, M.Pd. mengenai KKN Tematik MB-KM dan rekognisi, setelah itu diskusi, tanya jawab dan evaluasi. Materi ketiga disampaikan oleh ibu Dr. Reny Sukmawani, M.P. tentang Teknik Pemberdayaan Masyarakat dan Manajemen Konflik Masyarakat, setelah itu diskusi, tanya jawab dan evaluasi. Materi keempat disampaikan oleh Dr. Saprudin, S.S., M.Hum.tentang Communication Skill, setelah itu diskusi dan tanya jawab serta mengisi presensi kehadiran serta lembar evaluasi melalui link google form. Setiap pemaparan materi tersebut berlangsung selama 50 menit yang di dalamnya disertai dengan sesi tanya jawab. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para peserta hal ini dapat dilihat dari keaktifan para peserta selama kegiatan.