Inovasi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dan Pertanian yang Berkelanjutan dari Dosen Akuakultur UMMI untuk Menunjang Swasembada dan Kedaulatan Pangan di Kabupaten Cianjur

Sukabumi, 15 Januari 2021. Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) Program Studi Akuakultur yang terdiri atas Dr. Robin, S.Pi., M.Si. dan Novita MZ, S.Pi., M.Si. berkolaborasi dengan dosen Universitas Budi Luhur, Anugrah Saputra, S.Sos.,M.T. lolos mendapatkan dana hibah Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Teknologi Nasional (Kemenristek/BRIN) Tahun Anggaran 2020. PPTTG dengan Judul "Inovasi Teknologi Perikanan dan Pertanian yang Berkelanjutan untuk Menunjang Swasembada Pangan di Kabupaten Cianjur" ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat mitra dalam meningkatkan produktivitas komoditas yang dihasilkan.

Program pengabdian yang telah dilaksanakan semenjak bulan Agustus sampai Desember 2020 ini bertempat di Desa Rahong dan Mekarjaya Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Kegiatan pengabdian ini dititikberatkan pada pengembangan dan penerapan teknologi pengolahan hasil pertanian dan perikanan yang berkelanjutan dengan menyediakan mesin pemipil jagung, mesin pencacah rumput untuk pakan ternak, mesin peranjang singkong, mesin pemberi pakan ikan otomatis dan mesin pompa air untuk masyarakat yang diwakili oleh kedua desa di atas. Semua mesin tersebut dioperasikan menggunakan tenaga listrik yang berasal dari pembangkit listrik tenaga surya yang juga diterapkan oleh tim pelaksana pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan inovasi-inovasi teknologi tersebut bisa diimplementasikan dengan baik dan berkesinambungan dalam mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan di masyarakat, terutama wilayah Cianjur. Hal ini pun seiring dengan tujuan pembangunan berkelanjutan Bangsa Indonesia menuju kemandirian dan kedaulatan pangan di bidang pertanian dan perikanan.