Panitia KKN Tematik UMMI 2023 laksanakan Sosialisasi Pelaksanaan KKN Tematik Tahun 2023.

Sukabumi, ummi.ac.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UMMI (LPPM-UMMI) laksanakan Sosialisasi Pelaksanaan KKN Tahun 2023 kepada Seluruh Dekan, Ketua Program Studi dan Seluruh Dosen di lingkungan universitas Muhammadiyah Sukabumi pada Rabu (12/04/2023) melalui Zoom Meeting.

Sekretaris LPPM-UMMI Lela Lailatul Khumaisah, M.Si., menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menginformasikan rencana, tahapan juga mekanisme dari pelaksanaan KKN-Tematik UMMI dari awal pelaksanaan hingga pelaporan di akhir kegiatan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah wajib yang diikuti mahasiswa pada jenjang sarjana melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat. Pada tahun ini tema yang diusung adalah “Membangun Desa Menuju Masyarakat Madani”.

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini pengusulan proposal program dari dosen dibuat dengan sistem kompetisi dan bagi proposal yang terpilih mendapatkan insentif dari LPPM UMMI sebesar Rp1.000.000,- (Satu Juta Rupiah). Sekretaris LPPM-UMMI juga mengatakan  “selain dari mendapatkan insentif bagi Bapak atau Ibu Koordinator yang proposalnya terpilih akan mendapatkan surat tugas yang setara dengan pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat yang sesuai dengan Catur Dharma Perguruan Tinggi”.

Selain dari alur pengusulan proposal yang berbeda, pendaftaran untuk menjadi DPL dari kegiatan KKN juga berbeda dimana DPL sudah dipilih langsung dan tercantum di dalam pengusulan proposal sesuai dengan aturan atau panduan pengusulannya. Hal ini dengan maksud agar adanya kesesuaian dari DPL dengan Program yang dilaksanakan. Untuk pelaksanaan difokuskan pada wilayah Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. “Kami ingin memberikan seluas luasnya bagi Bapak/Ibu dosen untuk membangun dan untuk mengabdikan diri pada desa agar menjadi lebih baik” tutup Lela.

Adapun sub tema dari kegitan KKN tahun ini meliputi Ekonomi UMKM, Pendidikan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pengembangan Teknologi Masyarakat, Kesehatan Masyarakat, Ketahanan Pangan, Pemulihan Pasca Bencana dan Penguatan Sistem Informasi dan Administrasi Pemerintah Desa.