Inisiasi dan Penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang Profesional oleh Dosen UMMI

Sukabumi 9 Februari 2021, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) oleh dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi mengenai "Inisiasi dan Penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang Profesional" di Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi dengan koordinator Asep Muhamad Ramdan S.E., M.M.
Kegiatan PkM ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 8-9 Februari 2021 yang diikuti oleh 5 (lima) Bumdes. Program ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Caringin sebagai Desa Ekspor yang dimotori oleh Komunitas Desa Ekspor (KDE), di antaranya Bapak Sukma Sunirja, Ibu Magdalena, Bapak Tono, Bapak Ipung dan lainnya termasuk dukungan dari Kepala Desa Caringin, Bapak Marpudin. 

Hari pertama, kegiatan dititikberatkan pada peningkatan pemahaman pengelolaan Bumdes. Materi disampaikan oleh Drs. Gatot Wahyu Nugroho, M.Ak., CA., Leonita Siwiyanti, S.Ag, M.M. dan Sulaeman, S.E., S.Sos, M.Si.
Berbeda dengan hari pertama, pelaksanaan pengabdian di hari kedua difokuskan pada pendampingan penyusunan business plan/proposal usaha. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dengan didampingi oleh anggota tim pengabdian Desa Ekspor program Bumdes, yaitu  Elan Eriswanto, S.E., M.M., Drs. Gatot Wahyu Nugroho, M.Ak., CA., Faizal Mulia Z, S.AB., M.A., Leonita Siwiyanti, S.Ag, M.M., Asril Adi Sunarto, M.Kom., Hendra Tanjung, S.E., M.Ak., Dr. Dian Purwanti, M.AP., Mohammad Ridwan, S.Kom, M.T., Dine Meigawati, S.Sos, M.Si., Muhammad Khairul Amal, S.E., M.M., Nurni Arrina Lestari, S.E., M.M., dan Ade Sudarma, S.E., M.M. 

Materi BUMDes

Lima kelompok yang hadir yaitu Bumdes Berjaya (Limusnunggal), Bumdes Buni Wangi, Bumdes Cijurai, Bumdes Caringin, dan Bumdes Mandiri (Gegerbitung).

Pembagian Kelompok BUMDes

Target luaran dari kegiatan ini adalah terbentuknya Bumdes yang mandiri, profesional dan berkesinambungan sehingga dapat digunakan oleh masyarakat sebagai sarana untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan yang sejatinya akan berdampak juga pada kemakmuran desa.