Bupati Sukabumi Lepas 555 Mahasiswa UMMI Terjun Kemasyarakat

Sukabumi, ummi.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) hari ini, Jum’at, 21 Juli 2017 melepas 555 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelepasan berlangsung di lapangan Gedung Barchoya Mansur UMMI oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, M.M. yang didampingi oleh Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah serta dihadiri Wakil Rektor I dan II, Ketua LPPM dan Dosen UMMI.

Pelepasan ditandai dengan pemberian pelengkapan KKN dan pemakaian jas almamater kepada wakil peserta KKN oleh Bupati Sukabumi. Dalam pesannya, Bupati Sukabumi mengharapkan kepada mahasiswa dalam pelaksanaan KKN untuk dapat bersinergi mencarikan solusi bagi permasalahan masyarakat yang ada.

“Begitu banyak permasalahan yang terjadi di masyarakat,saya berharap dengan ilmu yang dimiliki mahasiswa bisa membantu dalam percepatan pembangunan.  Dengan KKN Mahasiswa juga bisa membantu perekonomian desa,”ungkapnya.

KKN Gelombang ke 2 ini terbagi dalam tiga kategori, KKN Tematik, KKN Nasional dan KKN Internasional.

KKN Tematik, akan tersebar pada 18 kecamatan di Kabupaten Sukabumi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 530 mahasiswa. Dengan dibagi dalam beberapa program yaitu programnya pemberdayaan masyarakat desa dalam pembuatan dan pemeliharaan infrastruktur sederhana untuk menanggulangi bencana alam, program MBS berlandaskan pendidikan Karakter di kecamatan sukaraja, program penerapan konsep smart village dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, program POSDAYA hisbatul UMMI, program BUMDES, program revitalisasi manajemen amal usaha muhammadiyah dan aisyiyah kab.sukabumi, dan program muhammadiyah lingkungan hidup.

Untuk KKN Nasional akan ditempatkan bertempat di Palembang kabupaten Ogan Ilir. KKN Nasional sendiri merupakan KKN Nasional Muhammadiyah yang pada tahun ini merupakan tahun kedua UMMI mengikuti KKN Nasional yang tahun lalu dilaksanakan di Makassar.

Sebanyak 12 mahasiswa UMMI mengikuti KKN Nasional ini. Pada nantinya mahasiswa UMMI akan bergabung dengan mahasiswa KKN dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah lain. KKN Nasional mahasiswa UMMI  mengusung tema seni, budaya dan pariwisata.

Sedangkan KKN Internasional akan dilangsungkan di 2 negara yaitu Malaysia yang diikuti 6 mahasiswa, dan di Thailand Seltan akan diikuti oleh 7 mahasiswa.

Dengan KKN nasional maupun internasional selain dosen melakukan pengabdian masyarakat juga mengenalkan potensi daerah kota dan kabupaten sukabumi, seni, budaya dan pariwisata unggulan kab dan kota sukabumi di tingkat nasional dan internasional.

KKN tahun ini akan didampingi oleh 37 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan 7 koordinator program.